04/11/12

minat


Minat
Akuntansi merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ekonomi yang banyak di minati mahasiswa saat ini. Dari hasil penelitian Ariani,(2004) menyebutkan bahwa rata-rata mahasiswa memilih jurusan akuntansi, didorong oleh keinginan mereka untuk menjadi profesional di bidang akuntansi. Selain itu mereka termotivasi oleh anggapan akuntan di masa mendatang akan sangat di butuhkan oleh banyak organisasi dan perusahaan, khususnya di indonesia.
Menjadi seorang Akuntan publik
Profesi akuntansi publik adalah profesi yang mengemban amanat untuk  memberikan keyakinan atas laporan keuangan yang di terbitkan oleh suatu entitas. Saat ini Akuntan publik yang aktif berjumlah kurang lebih 939 orang dengn struktur usia 60% diantaranya telah berusia 50 tahun lebih dan hampir separuh lebih dari jumlah Akuntan publik tersebut terkosentrasi di jakarta. Dengan demikian dapat dipastikan jumlah akuntan publik di indonesia 15 tahun ke depan akan menurun secara dratis. Apabila di bandingkan dengan pasar potensial yang ada di indonesia maka di butuhkan akan Akuntan publik adalah sangat besar. Pasar potensial dimaksud meliputi : perusahaan terbuka, entitas yang menguasai aset dalam kapasitas sebagai fudusia sekelompok besar masyarakat sepreti : asuransi, dana pensiun, perbankan, perusahaan dengan aset atau omset 50 milyar atau lebih (pasal 68 UU No. 40 th 2007 tentang perseroan terbatas), BUMN,BUMD, dan perusahaan Daerah , entitas penerimaan kredit bank, Dana kampany, hibah, dan lain-lain.
Karna selain mengharapkan gaji awal yang tinggi, Memperoleh kesempatan berkembang yang lebih baik di bandingkan karir yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar