01/12/11

orang yang sukses dalam bidang informal


Orang-orang yang sukses dalam bidang informal

Tuhan bersama orang-orang yang teraniaya, itulah ungkapan yang tepat untuk mas boim.
Mas boim adalah seorang tukang nasi goreng yang dulu pernah  ngontak di belakang rumah, sebagai orang baru di kompek saya  ia sering membaur bersama warga sekitar.
Awal-awal ia berdagang keliling ia sering sekali cerita tentang  warga bawah(genk x) kenapa sering memalaknya/meminta jatah. Padahal ia membeli bahan baku untuk nasi goreng tidak gratis.
Sebagai orang pribumi, saya sering memberitahukan kepada mas boim jangan cari gara-gara sama warga bawah(genk x), lebih baik menghindar dan mengambil jalan lain. Dan ia Cuma bilang  “tuhan itu ga tidur” di balik kesusahan pasti ada kemudahan jalani terus dengan lapang dada...
Dia juga sering cerita masalah pendapatan kelilingnya, bahkan sering terjadi kerugian pengeluaran berapa dan penghasilan ga seberapa. Padahal nasi  + gerobak tiap hari tuh ga kurang dari  40.000 belum bahan yang lain seperti : telur, mie dan bahan bumbu lainnya.
Harus pinter-pinter memutar uang, dengan tekat sekuat baja mas boim memberanikan diri membuka pangkalan di ruko citra, walau dia tau berapa harga yang harus dia keluarkan tiap bulannya untuk membuka pangkalan di sana. Awal-awal ia berdagang di sana memang belum begitu ramai, tapi setelah tiga bulan kemudian ia sudah mampu pindah kontrakan yang lebih baik dan itu bukan lagi kontrakan bersama melainkan kontrakannya sendiri. Setelah setahun kemudian saya dengar-dengar sudah mampu membeli sawah di kampungnya yaitu pemalang. Karna semenjak ia pinah ke kontrakan sekarang, mas boim ga pernah membaur lagi/jadi orang sibuk. Dan banyak yang bilang ia jadi orang yang sukses secara pendapatan per harinya ga kurang dari Rp 600.000++ dan bahkan lebih dari.
Dan kabar orang yang dulu sering minta jatah sama mas boim sekarang kena batunya, ia sekarang kurus kering seperti tengkorak berlapis kulit. Dan waktu ketemu mas boim ia cerita akan membeli kios/ruko di citra, bukan pangkalan gerobak lagi. Dan akan membuka cabang di daerah kota wisata, dan di daerah BTN...
Sukses itu butuh perjuangan dan kesabaran tingkat tinggi & ingat, semakin tinggi seseorang semakin tinggi pula cobaannya. SEKIAN

1 komentar:

  1. Untuk meningkatkan template yang ada di blog yang sudah terlink dengan situs universitas Gunadarma. Ada baiknya juga untuk menambahkan RSS Feed Studentsite pada blog juga,untuk panduanya klik link ini http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/30947/RSS+Feed+Studentsite+Pada+Blogspot.pdf Terima Kasih.

    BalasHapus